Kspan

PERSIAPAN LOMBA KSPAN
Dalam rangka menyambut lomba KSPAN Tk. Provinsi Bali, SMK N 1 Klungkung sangat antusias mempersiapkan berbagai macam hal yang berkaitan dengan lomba tersebut. beberapa kegiatan yang dipersiapkan adalah sebagai berikut.

1. Rapat Koordinasi dan Pembinaan ini dilaksanakan di SMK N 1 Klungkung,
Klungkung,Sabtu 3 Oktober 2015
Kegiatan awal, persiapan lomba KSPAN Tingkat Provinsi diawali dengan rapat koordinasi awal dengan agenda pembentukan panitia lomba.seperti yang terlihat dalam foto disamping kepala sekolah SMK N 1 Klungkung memberikan arahan kepada seluruh guru dalam rangka pembentukan panitia lomba KSPAN Tingkat Provinsi. Seluruh dewan guru sangat berantusias dalam mengikuti kegiatan lomba terlihat dengan semangat dalam mengikuti rapat.

2. Pembinaan dari KPA Provinsi Bali
Kepala sekolah SMK N 1 Klungkung menerima kunjungan dari KPA Provinsi Bali. Para Pembina yang hadir saat itu adalah sebagai Koordinator Drs I Wayan Nurjaya, M.Si, dari Kanwil Kementerian Agama I Wayan Yudha, Dinas Sosial Provinsi Bali, Ibu Agung, Kesra I Nyoman Sastra Pradnya, KPA Provinsi Bali Yuniambara dan Putu Padma Pramesti. Menurut Kepala Sekolah SMK N 1 Klungkung aktivitas KSPAN SMK N 1 Klungkung sampai saat ini masih tetapberjalan seperti biasanya. Hal ini diperkuat oleh kasi Pemberdayaan Pemuda Disdikpora Klungkung I Nyoman Sudina,SH. seiring dengan kegiatan penanggulangan AIDS yang yang dilakukan KPA Provinsi Bali, persiapan PERNAS AIDS V yang dilaksanakan KPA Nasional pada 25- 29 Oktober 2015, KPA Provinsi Bali dan KPA Kabupaten Klungkung mulai melakukan sosialisasi melalui pembinaan siswa KSPAN SMA/SMK yang telah disiapkan untuk lomba, juga disiapkan untuk disiapkan untuk memberikan sosialisasi terkait HIV-AIDS pada rekan sebaya.

3. Pembinaan dari Dinas Pendidikan dan Olahraga Kab. Klungkung
Pembinaan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung,pada pada pembinaan tersebut dilakukan pengecekan terhadap administrasi KSPAN Bara Satya. Pembinaan dibidang administrasi KSPAN ini melibatkan seluruh Pembina KSPAN Bara Satya, adapun pengecekan administrasi ini dilakukan dalam rangka persiapan lomba KSPAN tingkat Provinsi Bali. Beberapa administrasi dikoreksi oleh tim Pembina meliputi agenda kerjadan beberapa agenda surat masuk dan keluar yang masih sedikit keliru.

4. Kebijakan Kepala Sekolah
Menindaklanjuti hasil pertemuan tersebut, anggota KSPAN Bara Satya SMK N 1 Klungkung kembali melaksanakan pertemuan yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 24 Oktober 2015 . tim Pembina KSPAN Kabupaten Klungkung dan Pembina KSPAN Bara Satya SMK N 1 Klungkung memberikan masukan terutama dari segi administrsi karena hal ini sangat menentukan. Selain membahas masalaha administrasi dalam pertemuan tersebut juga dibahas mengenai teknis lomba
Menindaklanjuti surat dari Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klungkung, tentang pelaksanan lomba KSPAN tingkat provinsi yang diwakili oleh KSPAN Bara Satya SMK N 1 Klungkung. Atas dasar tersebut Kepala SMK N 1 Klungkung mengambil beberapa kebijakan antara lain :
a. Pembentukan panitia lomba KSPAN SMK N 1 Klungkung
b. Sosialisasi materi KSPAN yang dilakukan anggota kelompok KSPAN SMK N 1 Klungkung ke luar sekolah
c. Mengikuti kegiatan Jambora KSPAN tingkat Provinsi di Taman Makam Pahlawan Margarana Tabanan.
d. Memberikan Materi HIV-AIDS dan Narkoba bagi siswa baru (MOS)
5. Melakukan Ngayah Mareresik di Parhyangan
Anggota KSPAN Bara Satya SMK N 1 Klungkung telah melaksanakan dharma baktinya mulai dari membangun keharmonisan parahyangan, pawongan maupun palemahan. Dalam hubungannya dengan parahyangan anggota KSPAN Bara Satya senantiasa melaksanakan persembahyangan sebelum memulai kegiatan memohon perlindungan dan petunjuk kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga terjadi keharmonisan hubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa.
Untuk menjaga keharmonisan lingkungan KSPAN Bara Satya SMK N 1 Klungkung melakukan kegiatan mereresik setiap rahinan purnama dan tilem di parahyangan sekolah SMK N 1 Klungkung sebagai salah satu upaya meningkatkan rasa sensitivitas terhadap lingkungan yang dimulai dari lingkungan terdekat.

6. Mengadakan Sosialisasi
KEGIATAN SOSIALISASI DI SMP N 1 BANJARANGKAN
Selain melaksanakan program kerja di dalam sekolah KSPAN Bara Satya SMK N 1 Klungkung senantiasa melaksanakan program di luar sekolah demi menjaga hubungan yang baik dengan pihak yang berada di luar sekolah, salah satu program yang dicanangkan adalah melaksanakan sosialisasi di luar sekoalah utamanya di sekolah tingkat SMP. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 24Februari 2014.Sekolah yang menjadi sasaran sosialisasi adalah di SMP N 1 Banjarangkan. Dengan rasional letak sekolah yang masih jauh dari pusat kota dengan jumlah siswa yang banyak sehingga informasi yang diperoleh siswa mengenai KSPAN, HIV-AIDS dan Narkoba masih minim sehingga mendorong siswa yang tergabung dalam KSPAN Bara Satya untuk melakukan sosialisasi di SMP N 1 Banjarangkan.
KEGIATAN SOSIALISASI DI SMP DHARMAYASA TIMUHUN
Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan tanggal 2 September 2014. Jauhnya lokasi sekolah tidak menyurutkan niat siswa dan siswi KSPAN Bara Satya untuk melaksanakan sosialisasi di SMP Dharmayasa Timuhun, letak sekolah yang jauh dari pusat kota dan bisa dikategorikan sekolah pinggiran dengan jumlah siswa yang hanya 80 siswa, menjadi permasalahan tersendiri utamanya dalam penyebaran informasi mengenai HIV-AIDS dan Narkoba. Dalam sosialisasi tersebut disampaikan materi mengenai bahaya HIV-AIDS, Narkoba, dan IMS.
KEGIATAN SOSIALISASI DI PKK BUNGA MEKAR DESA AAN, BANJARANGKAN, KLUNGKUNG
Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di desa Aan, Banjarangkan Klungkung. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai HIV-AIDS dan Narkoba kepada masyarakat utamanya kepada paraIbu- Ibu yang menjadi pendidik keluarga, sehingga diharapkan penyampaian informasi kepada masyarakat lebih efektif.
SOSIALISASI INTERN DI SMK N 1 KLUNGKUNG
Sosialisasi di SMK N 1 Klungkung dilaksanakan oleh kelompok Tutor sebaya dan kelompok getok tular. Tutor sebaya melaksanakan program kerja setiap pertengahan semester mengingat pada saat tengah semester merupakan waktu tenggang bagi siswa sehingga tidak mengganggu jam pelajaran di kelas. Adapun materi yang dibahas adalah bahaya HIV-AIDS dan Narkoba serta IMS. Siswa sangat antusias mengikuti kegiatan karena mereka merasa tidak canggung ketika berinteraksi dengan teman sebaya mereka
Menunjuk surat dari Kepala Disdikpora Kabupaten Klungkung nomor :426/1799/Disdikpora tanggal 15 September 2015, perihal undangan Jambore KSPAN yang dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan di Tabanan. Anggota KSPAN Bara Satya SMK N 1 Klungkung sangat antusias menyambut undangan tersebut. dalam kegiatan tersebut diharapkan siswa dan siswi KSPAN Bara Satya memperoleh pengalaman dan dapat diaplikasikan di sekolah. Dalam lomba Jambore KSPAN Tingkat Provinsi ini KSPAN Bara Satya mengirimkan Sembilan kontingen siswa, pelaksanaan jambore berlangsung selama 3 hari tanggal 28-30 September 2015

7. Proses Pembuatan Kartu Anggota KSPAN Bara Satya SMK N 1 Klungkung,
Guna mendisiplinkan anggota KSPAN Bara Satya SMK N 1 Klungkung pengurus dan pembina KPAN Bara Satya membuat kebijakan untuk menerbitkan kartu anggota KSPAN sehingga seluruh siswa KSPAN Bara Satya memiliki kartu anggota sebagai tanda pengenal.